Rabu, 15 September 2010

[HOT] Jumat, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Ratu

Puncak arus balik Lebaran 2010 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diprediksikan terjadi pada H+7 atau Jumat.

Diperkirakan sekitar 2.000 lebih calon penumpang kapal akan membanjiri pelabuhan Tanjung Priok, baik di embarkasi maupun debarkasi.

Manager Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Suswibowo di Jakarta, mengatakan, Rabu (15/09/2010), jumlah penumpang pada puncak arus balik di pelabuhan tersebut kemungkinan besar akan naik beberapa kali lipat ketimbang beberapa hari sebelumnya.

"Nanti, puncaknya sekitar H+7 atau Jumat besok. Dalam sehari, akan ada empat kapal laut yang kami siapkan. Kemungkinan besar jumlah penumpang bisa mencapai lebih dari 2.000 orang dalam sehari," ujarnya.

Ia menjelaskan, data terakhir yang dihimpun pihak pelabuhan menyebutkan, jumlah keseluruhan penumpang kapal laut pada arus balik yang melalui Pelabuhan Tanjung Priok tercatat sudah mencapai 56.000 orang. Jumlah itu belum termasuk para pengguna kapal laut yang pada Rabu ini berangkat menggunakan dua kapal, yakni KM Sinabung, dan KM Salvia.

Menurut dia, KM Sinabung dijadwalkan berlayar dengan tujuan Semarang, Surabaya, hingga wilayah timur Indonesia mulai ternate hingga Jayapura. Sementara KM Salvia melayani pelayaran menuju Bangka dan beberapa daerah lainnya, termasuk pelabuhan-pelabuhan di pulau Jawa.

"Hari ini (Rabu) sekitar 1.000 orang yang sudah tercatat melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Jumlah keseluruhan penumpang hingga data terakhir tercatat sekitar 56.000 orang. Pada puncaknya nanti mungkin akan bertambah hingga 3000-4000 orang lagi," katanya.

Ia menambahkan, guna mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan kapal bermuatan strategis seperti kebutuhan pokok dan muatan hewan selama penyelenggaraan mudik Lebaran 1431 H kali ini, manajemen Pelabuhan Tanjung Priok mengaku telah menyiapkan fasilitas dermaga hingga 20 unit serta tiga unit gudang yang akan digunakan menampung segala sesuatu yang melalui pelabuhan selama Lebaran.

Untuk meminalisasi tindak kriminal, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian terkait dan kemanan pelabuhan mengerahkan sebanyak 60 personil.

"Berdasarkan jurnal Kamtibmas di posko mudik Lebaran di pelabuhan, situasi masih kondusif, aman, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar