Rabu, 15 September 2010

Kenali Tanda Kanker Lewat Pernafasan

Ilmuwan percaya suatu saat nanti bisa menggunakan tes pernafasan untuk mendeteksi empat jenis kanker yang paling umum.

Para peneliti di Israel membangun sensor yang bisa mengenali tanda kimiawi dari kanker paru-paru, payudara, usus dan prostat dalam pernafasan seseorang.

Mereka percaya penelitian lebih lanjut bisa menuntun ke "hidung elektronik" portabel yang mampu mendiagnosa kanker pada tahap awal.

Tim dari Institut Teknologi Israel yang berkedudukan di Haifa melibatkan 177 relawan dalam uji coba. Beberapa diantara mereka sehat dan beberapa memiliki jenis kanker berbeda.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa "hidung elektronik" bisa membedakan antara nafas sehat dan buruk. Bisa juga membedakan antara nafas pasien dengan jenis kanker berbeda," kata profesor Abraham Kuten, yang memimpin penelitian, seperti dikutip Sky News.

Kuten mengatakan bila timnya mampu menegaskan hasil awal itu dalam penelitian berskala besar, teknologi itu bisa menjadi alat sederhana untuk diagnosa dini kanker bersama dengan gambar. Itu bisa menjadi cara mudah untuk memastikan dan memantau kemanjuran pengobatan kanker dan mendeteksi dini dari kambuhnya penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar