Rabu, 08 September 2010

newbie UserID: 2039012 Join Date: Sep 2010 Posts: 4 Faktanya : Wanita Lebih Baik Dari Pria Kalau Berbohong

Wanita adalah pembicara yang lebih fasih dan pembohong yang lebih baik daripada pria. Demikian hasil sebuah penelitian yang melacak jumlah "um" dan "ah" pada percakapan kelompok yang berbeda jenis kelamin itu.

Riset yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Queen Margaret University College di Edinburgh menemukan bahwa pria membuat jeda yang hampir dua kali lebih lama dibanding wanita atau hampir dua kali lebih ragu-ragu ketika berbicara, seperti dilaporkan Electronic Telegraph. Karena ketika berbohong, jeda antar kata-kata meningkat, semakin mudah menduga apakah pria sedang berbohong.

Dengan menghitung jeda pada pembicaraan normal para peneliti menemukan bahwa wanita lebih fasih dan lidahnya lebih lancar ketika berbohong.

Robin Lickley dari departemen bicara dan bahasa mengatakan, "Semua laki-laki memiliki lebih banyak jeda ketimbang perempuan. Pria cenderung lebih ragu, termasuk dalam mengulang kata untuk menutupi jeda itu. Wanita cenderung menjadi pembicara yang lebih baik. Mereka lebih fasih pada usia yang lebih dini, jadi sejak awal mereka lebih banyak berlatih."

Penelitian itu menemukan bahwa rata-rata, seorang pria setidaknya tiga kali memberi jeda untuk setiap 100 kata yang diucapkan. Menurut Lickley, yang diperdebatkan adalah apakah alasan biologis atau alasan sosiologis yang menyebabkan perbedaan itu.

Sumber: www.artikelpintar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar