Rabu, 08 September 2010

Susu kedelai bikin kulit mulus

Susu sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib harian hampir setiap orang. Tak terkecuali dengan susu kedelai. Kandungan protein nabati nya yang cukup tinggi dan juga kadar lemaknya yang cenderung lebih rendah, menjadi target mereka yang tengah berdiet.

Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang cukup populer di Asia. Di Indonesia saja banyak sekali makanan hingga minuman yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai mulai banyak digemari karena kandungan lemaknya yang rendah jika dibandingkan dengan susu sapi biasanya.

Tak heran jika banyak sekali kaum hawa yang menyukainya, apalagi susu kedelai juga dipercaya dapat menjaga kulit awet muda. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur, ternyata dapat memenuhi asupan protein harian. Protein yang terkandung dalam kedelai diantaranya adalah asam amino argirin danjuga glisin. Kedua asam amino ini merupakan penyusun insulindan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh.

Semakin tinggi asupan protein dari kedelai, sekresi hormon insulin dan glukogen ke dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dapat menekan kadar glukosa darah yang kemudian diubah menjadi energi. Karena itu susu kedelai cukup aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes ataupun memiliki kecenderungan menderita penyakit tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kediri mengatakan kalau susu kedelai juga bisa mengurangi resiko terkena rematik. Karena kandungan estrogen yang ada pada kedelai dapat untuk merawat tulang dan kulit agar tetap dalam kondisi fisiologis yang normal.

Susu kedelai juga bisa menggantikan susu sapi, khususnya bagi mereka yang memiliki masalah dengan laktosa. Nah, selama puasa ini tak ada salahnya mengkonsumsi susu kedelai sebagai kebutuhan susu harian Anda. Susu kedelai siap minum sudah banyak dijual di pasaran, jadi Anda tak perlu repot-repot untuk membuat nya di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar