Selasa, 07 September 2010

Keutamaan Shalat Tasbih

Rasulullah bersabda kepada 'Abbas bin Abdul Muthalib (paman beliau): "Hai, 'Abbas pamanku, apakah kamu suka aku beri dan aku karuniai, aku beri hadiah istimewa, aku ajari 10 macam perbuatan yang dapat menghapus 10 macam dosa. Jika kamu mengerjakannya, niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu:
baik yang terdahulu maupun sekarang, yang sudah lama maupun yang baru, yang sengaja maupun tidak disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun terang-terangan.

Sepuluh amal itu ialah 4 raka'at, tiap-tiap rakaat membaca surat Al-Fatihah dan surat apa saja, dan setelah selesai membaca itu dalam rakaat pertama lalu membaca: SUBHAANALLAAHI WALHAMDU LILLAAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAHU AKBAR (Tasbih)
Sebanyak 15 kali, lalu ruku’ dan di waktu masih ruku’ membaca tasbih 10x, dan i’tidal membaca tasbih 10x, sujud membaca tasbih 10x, duduk antara dua sujud membaca tasbih 10x, dan sujud lagi membaca tasbih 10x, lalu mengangkat kepala dari sujud dan diwaktu duduk membaca bacaan tersebut 10x. Jadi jumlahnya ada 75 kali dalam setiap rakaa’at.

Demikian itulah yang harus dikerjakan dalam setiap raka’at dari keempat raka’at itu. Jika kamu mampu, kerjakanlah hal itu tiap hari. Kalau tidak mampu lakukanlah setiap Jum'at sekali, dan kalau tidak mampu, lakukanlah setahun sekali. Kalau masih tidak mampu, kerjakanlah sekali dalam seumur hidup"
(HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah)


Jazakumullah khairan katsiran..Semoga bermanfaat..
Wassalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar